Logo Bloomberg Technoz

Profil dan Harta Anak Buah Luhut yang jadi Pj Gubernur NTT

Fransisco Rosarians Enga Geken
05 September 2023 15:20

Sekretaris Kemenko Marves, Ayodhia GL Kalake jadi Penjabat atau pj Gubernur NTT. (Dok. Kemenkomarves)
Sekretaris Kemenko Marves, Ayodhia GL Kalake jadi Penjabat atau pj Gubernur NTT. (Dok. Kemenkomarves)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito (Mendagri) Karnavian resmi melantik Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Ayodhia GL Kalake sebagai penjabat atau Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT). Pelantikan tersebut didasarkan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memilih anak buah Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan tersebut menggantikan Gubernur Viktor Laiskodat.

"NTT juga daerah penting. Dengan berbagai macam sumber daya, termasuk Labuan Bajo dan lain-lain," kata Tito usai melantik Ayodhia di Kemendagri, Jakarta pada Selasa (5/9/2023).

Orang kedua di Kemenko Marves ini diketahui lahir dan besar di Bandung, Jawa Barat. Akan tetapi, lulusan Universitas Padjajaran dan Universidad de Complutense Madrid tersebut memang berdarah Adonara, Flores Timur, NTT.

Dewan komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk ini sebenarnya bukan usulan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) NTT. Tito mengeklaim, nama Ayodhia muncul sebagai usulan dari pemerintah pusat.

Berdasarkan catatan, DPRD NTT sebelumnya lebih mengusulkan nama Deputi bidang Koordinasi Keamanan Kemenkopolhukam, Rudolf Albert Rodja; Kepala Badan Keahlian Setjen DPR, Inocensius Samsul; dan Deputi Pengendalian Badan Otorita IKN, Thomas Umbu Paty.