Logo Bloomberg Technoz

Singapura Terancam Kabut Asap dari Titik Panas di Sumatra

News
05 September 2023 13:10

Singapura (Sumber: Bloomberg)
Singapura (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Singapura terancam kabut asap menyusul peningkatan aktivitas titik panas di Sumatra dalam beberapa hari terakhir.

Pada Minggu (03/09/2023), Badan Lingkungan Hidup Nasional Singapura (NEA) melaporkan dalam sebuah postingan Facebook bahwa 23 titik panas terdeteksi dan sebanyak 28 titik panas pada hari sebelumnya, kebanyakan berada di bagian selatan Sumatra

“Meskipun asap dari titik panas tersebut masih berada pada jarak yang cukup jauh dari Singapura, dan belum teramati bergerak langsung ke arah Singapura karena angin yang bertiup dari tenggara, namun potensi kabut asap tetap ada,” kata NEA.

Foto satelit yang diposting oleh NEA dalam unggahan itu, yang diambil oleh satelit cuaca Jepang Himawari 9, menunjukkan asap dari titik panas di selatan Sumatra yang mengarah ke Singapura.

NEA melanjutkan cuaca kering yang terjadi saat ini diperkirakan akan berlanjut di wilayah selatan dan tengah Sumatra pada minggu mendatang. Hal ini bisa meningkatkan situasi titik panas dan kabut asap di sana.

Postingan Facebook NEA soal ancaman kabut asap Singapura dari Sumatra (Sumber: Tangkapan layar Facebook NEA)