Logo Bloomberg Technoz

Alibaba Cloud Berencana Jual Saham ke BUMN China Sekitar Rp42,7 T

News
05 September 2023 13:30

Alibaba Group Holding Ltd. (Dok: Bloomberg)
Alibaba Group Holding Ltd. (Dok: Bloomberg)

Pei Li dan Dong Cao-Bloomberg News

Bloomberg, Divisi cloud Alibaba Group Holding Ltd. tengah mempertimbangkan putaran pendanaan dengan sasaran perusahaan negara atau BUMN China, menjelang debut mereka sebagai entitas di bursa Hong Kong dengan target Rp21,3-Rp42,7 triliun, menurut salah satu sumber yang dekat dengan informasi ini.

Alibaba bekerja sama dengan para penasihat dalam penggalangan dana untuk Cloud Intelligence Unit dengan terget dana sekitar 10–20 miliar yuan atau US$1,4-US$2,8 miliar (sekitar Rp21,3-Rp42,7 triliun). Calon investor termasuk di dalamnya perusahaan telekomunikasi China.

Alibaba berencana untuk memisahkan unit ini dengan membagikan dividen saham kepada para pemegang saham dalam waktu 12 bulan, tulis perusahaan dalam pengumuman bulan Mei.

Menggalang dana dari BUMN China akan meningkatkan peluang memenangkan kontrak-kontrak cloud pemerintah yang baru. Selain itu terdapat keuntungan berupa peningkatan penggunaan layanan-layanan terkait Alibaba, analis Bloomberg Intelligence, Catherine Lim dan Marvin Lo.