Logo Bloomberg Technoz

OJK: 99 PLTU Siap Ikut Bursa Karbon Akhir September

Wike Dita Herlinda
05 September 2023 10:40

Ilustrasi emisi karbon (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi emisi karbon (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan sebanyak 99 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Indonesia siap untuk berpartisipasi dalam bursa karbon yang dijadwalkan beroperasi mulai akhir bulan ini. 

Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto OJK Hasan Fawzi mengeklaim jumlah tersebut sudah mencakup mayoritas dari total PLTU batu bara di Tanah Air.

“Untuk mendorong suksesnya penyelenggaraan perdana unit karbon di bursa karbon, telah terdapat 99 PLTU berbasis batu bara, yang berpotensi ikut perdagangan karbon tahun ini. Jumlah ini setara dengan 86% dari total PLTU batu bara yang beroperasi di Indonesia,” ujarnya melalui siaran pers, dikutip Selasa (5/9/2023).

Dengan demikian, OJK menyiratkan total PLTU yang beroperasi di Indonesia adalah sebanyak 115 unit. Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), padahal, jumlah PLTU yang beroperasi di Indonesia mencapai 253 unit pada 2022.

Lebih lanjut, Hasan mengatakan regulasi bursa karbon telah mendapat persetujuan dalam rapat konsultasi bersama Komisi XI DPR RI beberapa waktu lalu. Adapun, aturan tersebut termaktub dalam Peraturan OJK (POJK) No. 14/2023 tentang Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon.