Logo Bloomberg Technoz

Krisis Utang Ancam Puluhan Pengembang Properti di China

News
05 September 2023 08:40

Ilustrasi Pengembang Properti China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Pengembang Properti China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Krisis properti di China yang melibatkan pengembang swasta negara tersebut menyebabkan gelombang gagal bayar yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menyisakan sedikit pengembang yang mampu bertahan.

Dari 50 pengembang properti swasta teratas menurut emisi obligasi dolar, 34 di antaranya telah mengalami keterlambatan pembayaran utang luar negeri, berdasarkan data yang dikumpulkan Bloomberg hingga 1 September. 

Sebanyak 16 pengembang lainnya, termasuk Country Garden Holdings Co., akan menghadapi pembayaran obligasi domestik dan luar negeri senilai US$1,48 miliar pada September ini. Jumlah bulanan ini merupakan yang tertinggi hingga Januari.

Tekanan utang ini menunjukkan risiko pembayaran yang belum mereda di tengah krisis likuiditas yang sudah memasuki tahun keempat. Meskipun upaya terbaru pemerintah untuk mengatasi kemerosotan sektor properti menaikkan saham properti, masih belum jelas apakah itu cukup untuk mencegah gagal bayar obligasi oleh Country Garden, yang dapat menimbulkan dampak besar di pasar China.