Logo Bloomberg Technoz

Laporan itu mengatakan Kim mungkin akan melakukan perjalanan ke Vladivostok di Rusia untuk bertemu Putin, mengutip pejabat AS dan sekutu yang tidak disebutkan namanya. Kim juga berpotensi melakukan perjalanan ke Moskow. Tim pendahulu Korea Utara baru-baru ini melakukan perjalanan ke Rusia untuk mempersiapkan kemungkinan kunjungan tersebut.

Rabu lalu, AS mengatakan mereka mendapat informasi baru bahwa Korea Utara dan Rusia sedang merundingkan kesepakatan senjata yang akan membuat Korut bakal memberikan amunisi dan dukungan lain kepada Putin untuk perangnya di Ukraina.

Kedua pemimpin telah bertukar surat dan para pejabat Rusia mengunjungi Pyongyang untuk membahas kemungkinan kesepakatan senjata, menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby.

“Berdasarkan potensi kesepakatan ini, Rusia akan menerima sejumlah besar dan berbagai jenis amunisi dari Korea yang rencananya akan digunakan oleh militer Rusia di Ukraina,” kata Kirby.

Kim pada bulan Juli bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu di ibu kota Korea Utara, memberinya tur ke pameran senjata yang memamerkan rudal balistik berkemampuan nuklir dan drone.

AS selama berbulan-bulan menuduh Rusia dan kelompok tentara bayaran Wagner menerima pengiriman senjata Korea Utara.

(bbn)

No more pages