Logo Bloomberg Technoz

Ketua Kadin Arsjad Rasyid Jadi Ketua Pemenangan Ganjar Pranowo

Pramesti Regita Cindy
04 September 2023 20:10

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. (Dok. Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. (Dok. Kadin Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koalisi partai pengusung calon presiden Ganjar Pranowo sepakat menunjuk Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasyid sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional atau TPN. Hal ini diputuskan usai seluruh pimpinan partai koalisi berkumpul di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP).

"Sudah diketok ya. Ketua TPN, tim pemenangan nasional adalah Pak Arsjad Rasyid tadi di putuskan. Beliau muda, gesit, pengetahuannya luas, dan juga network-nya juga sangat luas. Dan juga Ketua Umum Kadin," kata Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo saat ditemui, Senin (4/9/2023).

Ganjar Pranowo sendiri adalah kader dan calon presiden yang pertama kali diusung PDIP. Sebagai peraih 22,26% kursi DPR pada Pemilu 2019, partai berlambang kepala banteng ini memang bisa mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres can cawapres) tanpa berkoalisi.

Hal ini juga yang kemudian membuat PDIP menerima dukungan dari partai-partai yang belum meraih kursi pada pemilu sebelumnya yaitu Partai perindo dan Partai Hanura. Sedangkan PPP hanya mengantongi 7,65% atau 44 dari 575 kursi DPR.

Menurut Hary, partai koalisi dan TPN Ganjar akan menggelar rapat rutin setiap Hari Rabu pukul 14.00 WIB. Mereka mulai menyusun dan menyiapkan strategi pemenangan sejak TPN resmi dibentuk pimpinan koalisi dan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.