Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya PM Kepulauan Cook Mark Brown juga telah tiba pada Minggu (3/9/2023). PM Brown tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 19.25 WIB. Tampak menyambut ketibaan PM Brown yakni Pj. Gubernur Banten Al Muktabar dan Sekretaris Jenderal, Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto. PM Brown diagendakan menghadiri KTT ke-43 ASEAN dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF). Diketahui semua kepala negara maupun pemerintahan ASEAN minus Myanmar akan hadir di KTT ASEAN kali ini.

Myanmar diberikan tekanan oleh ASEAN lantaran konflik yang masih terjadi di negara itu dan merugikan bagi masyarakat sipil. Oleh karena itu sebelum masalah Myanmar selesai dan negara itu menerima 5 Poin Konsensus yang disodorkan ASEAN, pihak rezim junta hanya diperbolehkan mengikuti pertemuan level pejabat senior atau senior official meeting (SOM) namun tidak untuk level menteri dan kepala negara.

Indonesia merupakan pemegang tampuk keketuaan ASEAN tahun ini sehingga menjadi tuan rumah perhelatan acara ASEAN sepanjang tahun.

(ezr/ain)

No more pages