Logo Bloomberg Technoz

Soal Pembentukan Dewan Medsos, Menkominfo Sebut ‘Masih Jauh'

Yunia Rusmalina
04 September 2023 18:20

Ilustrasi media sosial. (Photo by Tracy Le Blanc via pexels)
Ilustrasi media sosial. (Photo by Tracy Le Blanc via pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan lalu Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyampaikan wacana mewacanakan pembentukan dewan media sosial, namun hingga kini masih sebatas kajian dan belum diputuskan. Hingga kini Budi Arie juga menyatakan bahwa usulan Dewan Media Sosial masih terus berproses.

“Masih jauh langkahnya, masih jauh ya,” kata Budi Arie saat ditanya Bloomberg Technoz di Gedung DPR, Senin (4/9/2023), yang sebelumnya juga menyatakan bahwa Dewan Media Sosial merupakan usulan Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNESCO).

Menurut dia, gagasan Dewan Medsos berangkat dari keresahan masyarakat dunia dan terjadi pula di Eropa dan Amerika. “[Dewan Media Sosial] ini gagasan dan keresahan dari masyarakat di dunia,” tegas Budi Arie.

Dalam keterangannya lebih lanjut, Budi Arie memastikan jika proses berlanjut Dewan Media Sosial akan melibatkan peran serta masyarakat. Sperti pada pernyataan Menkominfo sebelumnya.

“Oh iya dong, pasti terhadap publik [melibatkan],” ucap Budi Arie. “[Pemilihan Dewan Media Sosial] nanti semua dari masyarakat kita, pokoknya melibatkan semua masyarakat.”