Logo Bloomberg Technoz

Topan Haikui Picu Hujan Lebat yang Ancam Panen Padi di China

News
04 September 2023 16:20

Petani menanam padi (Sumber: Bloomberg)
Petani menanam padi (Sumber: Bloomberg)

Hallie Gu - Bloomberg News

Bloomberg, Hujan deras dapat membanjiri sejumlah lahan pertanian padi di China selatan pekan ini. Hal ini mengancam produksi beras yang paling banyak dikonsumsi di negara tersebut.

Hujan lebat yang dibawa oleh Topan Haikui diperkirakan akan melanda sebagian provinsi Fujian, Guangdong, dan selatan provinsi Jiangxi pada Senin (4/9/2023) hingga Kamis (7/8/2023). Menurut BMKG China, hujan tersebut berpotensi menggenangi tanaman padi dan sayuran.

Hujan deras tersebut merupakan salah satu dari serangkaian cuaca ekstrem yang melanda China di musim panas ini. Dengan banjir di wilayah utara yang menyebabkan puluhan orang tewas dan rusaknya tanaman pangan.

Ancaman terhadap produksi tanaman padi ini datang saat pembatasan pengiriman oleh eksportir utama, India, dan cuaca ekstrem yang memperketat pasokan secara global. Harga di Asia melonjak hampir ke level tertinggi dalam hampir 15 tahun. Pengurangan produksi yang signifikan di China, yang merupakan negara produsen dan importir terbesar, dapat menyebabkan gejolak di pasar yang sudah terguncang.