Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Waspadai Harga Minyak Akhir Tahun, BBM Bakal Naik?

Wike Dita Herlinda
04 September 2023 15:50

Ilustrasi pengisian BBM di pom bensin/SPBU (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pengisian BBM di pom bensin/SPBU (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) mewaspadai risiko kenaikan harga minyak dunia memasuki akhir tahun ini, yang berisiko membawa efek domino terhadap anomali harga bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan perseroan tengah memantau pergerakan harga minyak dunia, khususnya terkait dengan dampaknya terhadap harga BBM yang menggunakan skema subsidi seperti Solar dan Pertalite.

Per hari ini, Senin (4/9/2023), WTI untuk pengiriman Oktober naik 0,2% menjadi US$85,73 per barel pada pukul 9:03 pagi di Singapura. Sebelumnya, harga naik hingga mencapai US $86,09 per barel, level intraday tertinggi sejak November. Hari libur di AS pada Senin mungkin akan mengurangi volume perdagangan.

Untuk gasoline seperti Pertamax dan Pertalite, 30% crude-nya masih impor. Ini yang harus kita jaga.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

Adapun, Brent untuk kontrak November naik 0,1% menjadi US$88,64 per barel. Harga minyak dunia tercatat melanjutkan reli menuju level tertinggi sejak November dengan harapan bahwa pemotongan pasokan oleh pemimpin OPEC+ akan mengetatkan pasar.

“Selain suplai, kami menjaga stok atau inventory. Tidak boleh ada kelangkaan produk. Kalau sekarang kelihatannya tidak terlalu banyak gejolak. Namun, menjelang akhir tahun, menjelang musim dingin, ini akan ada peningkatan demand [permintaan] untuk diesel [solar] karena suplai gas dari Rusia sudah banyak disetop, sehingga kebutuhannya digantikan diesel,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 oleh Kementerian Dalam Negeri, Senin (4/9/2023).