Logo Bloomberg Technoz

PM Thailand Absen KTT ASEAN untuk Diskusi soal Keamanan dengan AS

News
04 September 2023 15:20

Srettha Thavisin (Sumber: Bloomberg)
Srettha Thavisin (Sumber: Bloomberg)

Suttinee Yuvejwattana - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand berencana menggelar diskusi dengan Amerika Serikat (AS) terkait masalah keamanan di sela-sela sidang Majelis Umum PBB (UN General Assembly/UNGA) bulan ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Perdana Menteri (PM) baru Thailand, Srettha Thavisin.

Srettha, yang terpilih sebagai PM pada Agustus setelah kebuntuan politik selama tiga bulan, mengatakan pada Senin (4/9/2023) bahwa perjalanan ke luar negeri pertamanya adalah dengan menghadiri UNGA mulai pekan ketiga bulan September.

Srettha baru akan mengucapkan sumpah jabatan pada hari Selasa (5/9/2023)di hadapan Raja Maha Vajiralongkorn dan sedang sibuk menyelesaikan prioritas kebijakan pemerintahnya yang akan diajukan ke parlemen dalam beberapa hari mendatang. PM sebelumnya mengatakan pada akhir pekan bahwa dia juga akan mengambil jabatan sebagai Menteri Keuangan.

Dengan jadwal yang padat, Srettha mengatakan dia akan melewatkan KTT ASEAN di Jakarta pekan ini. Dalam kunjungannya ke UNGA, PM mengatakan bahwa kepala staf pertahanan Thailand yang baru diangkat telah menjadwalkan pembicaraan dengan AS mengenai masalah keamanan dan akan bergabung dengannya. Namun, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang masalah tersebut dalam keterangannya kepada wartawan di Bangkok.