Logo Bloomberg Technoz

4 Astronot Crew-6 NASA Kembali ke Bumi dengan Kapsul SpaceX

News
04 September 2023 13:20

SpaceX (Sumber: Bloomberg)
SpaceX (Sumber: Bloomberg)

Loren Grush - Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah kru beranggotakan empat orang astronot kembali ke bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) pada Senin (4/9/2023) dini hari. Mereka mendarat di lepas pantai Florida dengan kapsul SpaceX Crew Dragon memakai parasut.

Kembalinya para astronot menandai berakhirnya masa tinggal selama enam bulan di orbit, sebagai bagian dari misi yang disebut Crew-6 untuk NASA. Crew-6 merupakan misi berawak operasional keenam yang dilakukan oleh Space Exploration Technologies Corp. ke stasiun luar angkasa, sebagai bagian dari Program Kru Komersial NASA, sebuah inisiatif untuk mempertahankan staf ISS menggunakan pesawat ruang angkasa yang dibangun dan dioperasikan oleh perusahaan.

Anggota Crew-6 termasuk dua astronot NASA, Stephen Bowen dan Woody Hoburg, kru kosmonot Rusia Andrey Fedyaev, dan Sultan Alneyadi dari Uni Emirat Arab. Keempatnya telah tinggal dan bekerja di luar angkasa sejak peluncuran pada Maret ke ISS, sebuah laboratorium ilmiah yang mengorbit sekitar 402 kilometer di atas Bumi.

Sepekan sebelum kepulangan mereka dari ISS, Crew-6 menyambut kru pengganti baru di stasiun, yaitu kru beranggotakan empat astronot lainnya yang disebut Crew-7. Kru multinasional itu termasuk seorang astronot NASA, seorang astronot Denmark dari Badan Antariksa Eropa, seorang astronot Jepang, dan seorang kosmonot Rusia lainnya.