Logo Bloomberg Technoz

"Kami percaya ini akan memicu pemulihan jangka pendek dalam penjualan di semua kota tingkat-1, karena ini membuka permintaan peningkatan yang sebelumnya tertahan," tulis analis JPMorgan Chase & Co. dalam sebuah catatan.

Dampak stimulus ekonomi ke saham China (Sumber: Bloomberg)

Meskipun momentum bisa mereda setelah itu, "pelonggaran ini masih setidaknya bisa menstabilkan sentimen, yang merupakan langkah pertama yang penting untuk menghindari penurunan lebih lanjut," kata mereka.

Transaksi rumah di kota-kota terbesar China melonjak akhir pekan lalu setelah kelonggaran aturan KPR, demikian dilaporkan beberapa media lokal pada Senin (04/09/2023). Adapun lebih dari 1.800 unit rumah baru terjual di Beijing pada hari Sabtu saja, dibandingkan dengan hanya 3.100 unit sepanjang Agustus.

Saham Country Garden Holdings Co. melonjak 17%. Pengembang tengah bermasalah keuangan ini telah membayar kupon obligasi yang jatuh tempo pada obligasi berdenominasi ringgit, menurut beberapa sumber yang mengetahui perihal tersebut. Untuk indeks CSI 300, sektor energi dan material memimpin kenaikan.

Beijing telah meluncurkan langkah-langkah stimulus baru hampir setiap hari selama dua minggu terakhir, termasuk pemangkasan bea meterai untuk perdagangan saham dan penurunan suku bunga KPR.

Meskipun tidak cukup untuk menghilangkan kekhawatiran yang lebih mendalam terhadap perlambatan ekonomi struktural China dan masalah di pasar properti, langkah-langkah tersebut tetap membantu meningkatkan sentimen.

"Karena pasar tutup pada Jumat, ini adalah reaksi terhadap pemotongan suku bunga KPR yang diumumkan pada Kamis lalu yang mungkin memberikan dukungan untuk sentimen konsumen," kata Marvin Chen, analis Bloomberg Intelligence.

--Dengan asistensi Jeanny Yu dan Wei Zhou.

(bbn)

No more pages