Logo Bloomberg Technoz

Mendag AS Soal Kunjungan ke China: Perlu Pembuktian

News
04 September 2023 10:40

Gina Raimondo (Sumber: Bloomberg)
Gina Raimondo (Sumber: Bloomberg)

Alicia Diaz - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Gina Raimondo mengatakan bahwa kunjungannya ke China menghasilkan banyak kemajuan, namun hal itu belum bisa dipercayai kecuali Beijing mengambil tindakan di berbagai bidang seperti peraturan yang lebih ramah bagi investor.

Gina Raimondo mengeluarkan pernyataan ini dalam sebuah wawancara CBS bertajuk Face the Nation pada Minggu (2/9/2023), usai minggu lalu melakukan kunjungan kenegaraan selama empat hari dan melakukan pertemuan dengan pejabat senior China. Ini sebagai upaya pemerintahan Presiden Joe Biden untuk meredakan ketegangan kedua negara.

Gina Raimondo mengungkapkan selama kunjungan tersebut China dan AS melakukan kesepakatan untuk memulihkan saluran komunikasi formal yang telah terputus selama bertahun-tahun akibat hubungan yang memburuk dan pembentukan sebuah kelompok kerja yang berfokus pada isu-isu komersial dan pertukaran informasi penegakan kontrol ekspor. Kedua belah pihak juga sepakat melakukan pertukaran seputar rahasia dagang.

Kegiatan perdagangan China (Sumber: Bloomberg)

"Saya pikir kami membuat banyak kemajuan," katanya di CBS. Ketika ditanya apakah ia mempercayai para pejabat China setelah perjalanannya, ia mengatakan: "Kepercayaan mungkin bukan kata yang akan saya gunakan. Kita perlu melihat tindakan. Dan sampai kita melihat tindakan, tidak akan ada kepercayaan."