Logo Bloomberg Technoz

PIF Arab Saudi Akuisisi Unit Baja Sabic Rp50 Triliun

News
03 September 2023 20:00

Bendera Arab Saudi berkibar di kota Buraidah, Arab Saudi (Tasneem Alsultan/Bloomberg)
Bendera Arab Saudi berkibar di kota Buraidah, Arab Saudi (Tasneem Alsultan/Bloomberg)

Matthew Martin - Bloomberg News

Dana investasi khusus milik pemerintah atau Sovereign Wealth Fund (SWF) Arab Saudi siap menciptakan raksasa baja nasional baru dengan mengakuisisi unit logam pembuat bahan kimia, Saudi Basic Industries Corp. senilai 12,5 miliar riyal atau setara Rp50 triliun.

Public Investment Fund (PIF) akan mengakuisisi Saudi Iron & Steel Company dari SABIC, sebutan untuk perusahaan kimia tersebut. Dalam kesepakatan terpisah berdasarkan pernyataan yang dirilis, unit baja SABIC, Hadeed, akan mengakuisisi AlRajhi Steel Industries Co. dengan imbalan saham. Kesepakatan ini diharapkan akan selesai sebelum akhir kuartal pertama tahun 2024, dan harga jual akhir baru akan ditentukan saat itu.

Menyusul kabar ini, saham SABIC naik 1,92% menjadi 90,1 riyal per saham sebelum memangkas keuntungan.

Kesepakatan ini merupakan tanda terbaru dari pengaruh yang semakin besar dari SWF milik Arab Saudi terhadap ekonomi terbesar di dunia Arab. PIF bertanggung jawab atas sebagian besar proyek negara yang dimaksudkan untuk membantu diversifikasi dari ketergantungan pada penjualan minyaknya, termasuk mengembangkan pusat manufaktur otomotif, proyek pariwisata, dan membangun kota-kota baru yang besar.