Logo Bloomberg Technoz

Majelis Syura PKS: Mustahil Poros Baru, Fokus 3 Capres-Cawapres

News
03 September 2023 19:00

Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid (PKS.id)
Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid (PKS.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut sangat tidak mungkin lahir poros baru usai peta koalisi berubah pascadeklarasi Anies-Cak Imin. HNW menilai tiga koalisi yang terbentuk sudah konsisten mendukung masing-masing 'jagoannya.'

"Ada yang berharap (poros baru) Partai Demokrat,PKS dan PPP, tapi itu nggak mungkin karena PKS tetap dukung Anies Baswedan," ujar HNW kepada Bloomberg Technoz, Minggu (3/9/2023).

HNW juga mengamini ada spekulasi poros baru dihunikan Partai Demokrat, PKS, dengan Golkar. Koalisi itu pun, kata dia, mustahil terbentuk karena Golkar sendiri dinilai bakal tetap konsisten mendukung Prabowo.

"Juga tidak mungkin, Golkar tetap dengan Prabowo. Jadi fokus saja pada tiga koalisi. Tinggal tunggu kapan PDIP dan Prabowo umumkan Bacawapresnya. Kayaknya nggak lama lagi," ujar HNW.

PKS sejatinya memastikan tetap berada dalam gerbong, namun tidak menutup kemungkinan juga menyusul Demokrat hengkang dari koalisi. PKS menyebut bakal menunggu hasil rapat majelis syura dalam waktu dekat. Sejauh ini komitmen PKS hanya mendukung Anies sebagai capres, tidak sepaket dengan cawapres--yang dalam hal ini Cak Imin.