Logo Bloomberg Technoz

Menko Airlangga Ingin Jadikan ASEAN Mesin Pertumbuhan Global

Delia Arnindita Larasati
03 September 2023 18:30

ASEAN Economic Community Council (AECC) ke - 23. (ekon.go.id)
ASEAN Economic Community Council (AECC) ke - 23. (ekon.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memimpin rangkaian pertemuan ASEAN Economic Community Council (AECC) yang ke-23 pada Minggu (3/9/2023). Airlangga mengungkap harapannya menjadikan ASEAN sebagai mesin pertumbuhan global dan tujuan utama investasi.

”Kita harus terus meningkatkan kerja sama dan integrasi ekonomi kawasan dalam rangka penguatan arsitektur perdagangan dan rantai pasok regional," kata Airlangga dalam pertemuan yang digelar di Hotel St. Regis Jakarta.

"Kemudian membuat pilihan kebijakan untuk meningkatkan daya saing, ketahanan, dan reformasi struktural yang didorong oleh keberlanjutan, digitalisasi dan perubahan demografis, serta menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan regional dan mesin pertumbuhan global, sebagai tujuan utama investasi, dan pusat produksi global yang berdayasaing dan terpercaya,” lanjutnya.

Pada pertemuan tersebut, para menteri se-ASEAN juga membahas tentang perkembangan penyusunan Visi Komunitas ASEAN Pasca-2025 yang telah disepakati untuk 20 tahun ke depan. Dengan ASEAN Vision 2045, para menteri sepakat untuk menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang, "resilent, innovative, dynamis, dan people-centred."

"Rencana strategis masyarakat ekonomi ASEAN Pasca-2025 yaitu ada beberapa hal yang penting. Yaitu penguatan integrasi ketahanan ekonomi kawasan, transformasi teknologi dan inovasi, ekonomi keberlanjutan dan kesiapan masyarakat untuk berubah," tambah Airlangga.