Logo Bloomberg Technoz

PKS sejatinya memastikan tetap berada dalam gerbong, namun tidak menutup kemungkinan juga menyusul Demokrat hengkang dari koalisi. PKS menyebut bakal menunggu hasil rapat majelis syura dalam waktu dekat. Sejauh ini komitmen PKS hanya mendukung Anies sebagai capres, tidak sepaket dengan cawapres--yang dalam hal ini Cak Imin.

"Kalau nanti bagaimana [keputusan untuk] Cak Imin, kita jangan berandai-andai. Tunggu saja majelis syura," ungkap Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPP PKS Almuzzammil, kemarin.

Skenario poros baru memungkinkan terjadi antara Demokrat, PKS, ditambah kekuatan PPP yang kini masih bertahan di gerbong koalisi PDIP.  Namun demikian, PPP belakangan ini menutup pintu atas wacana yang berkembang. 

“Bukan poros baru. Konteks mendekati Demokrat maupun PKS itu komunikasi biasa barangkali bisa diajak bersama-sama memperkuat pak Ganjar,” kata Jubir PPP Achmad Baidowi saat dikonfirmasi Bloomberg Technoz, Minggu (3/9/2023).

Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani juga mengatakan hal yang serupa. Dia mengatakan wacana poros baru sempat digaungkan oleh SBY dalam intonasi negatif. Menurutnya, wacana poros baru mestinya tak perlu lebih jauh dikembangkan.

"Tidak usah dikembangkan lagi pikiran tentang poros baru itu,” ujar Arsul, Sabtu (2/9/2023). 

(bbn/ain)

No more pages