Logo Bloomberg Technoz

Hotel Yamato Lokasi Deklarasi Anies-Cak Imin yang Penuh Sejarah

Septiana Ledysia
03 September 2023 13:25

Hotel Yamato atau Hotel Majapahit. (Sumber: website all.accor.com)
Hotel Yamato atau Hotel Majapahit. (Sumber: website all.accor.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Nasdem dan PKB mendeklarasikan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, di Hotel Yamato yang kini bernama Hotel Majapahit, Surabaya. Hotel tersebut ternyata memiliki banyak sejarah saat masa perjuangan Indonesia. 

Dari informasi yang dikumpulkan, Minggu (3/9/2023), Hotel Yamato di Surabaya merupakan salah satu tempat dirobeknya bendera warna biru milik Belanda menjadi bendera merah putih oleh seorang pemuda bernama Kusno Wibowo. 

Berawal dari maklumat Presiden Soekarno yang menetapkan mulai 1 September 1945, bendera Merah Putih harus dikibarkan di seluruh wilayah Indonesia. Gerakan pengibaran bendera meluas ke segenap pelosok kota Surabaya.

Pengibaran bendera pun langsung dilakukan di berbagai tempat strategis dan tempat seperti teras atas Gedung Kantor Karesidenan yang berada di Jalan Pahlawan, Gedung Kempeitai (sekarang Tugu Pahlawan), di atas Gedung Internatio, disusul pengibaran bendera di  Tambaksari (Stadion Gelora 10 November) oleh Barisan Pemuda Surabaya.

Saat itu pihak Kempeitai tidak dapat menghentikan dan membubarkan massa. Klimaks gerakan pengibaran bendera di Surabaya terjadi pada insiden perobekan warna biru Belanda di Hotel Yamato yang barada di Jl. Tunjungan no.65, Surabaya.