Logo Bloomberg Technoz

PM Thailand Srettha Thavisin Merangkap Jabatan Sebagai Menkeu

News
03 September 2023 14:00

Srettha Thavisin. (Sumber: Bloomberg)
Srettha Thavisin. (Sumber: Bloomberg)

Suttinee Yuvejwattana - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri (PM) Thailand yang baru, Srettha Thavisin, mengumumkan susunan kabinet yang juga melibatkan dirinya mengemban jabatan Menteri Keuangan. Ini merupakan sebuah langkah yang langka terjadi karena fokusnya beralih pada rencana pemerintahan untuk menghidupkan kembali perekonomian.

Menurut pemberitahuan resmi pada hari Sabtu (2/9/2023), Phumtham Wechayachai diangkat sebagai Menteri Perdagangan, Pirapan Salirathavibhaga sebagai Menteri Energi, dan Pimpatra Wichaikul akan memimpin portofolio industri. Phumtham dan Pirapan juga akan menduduki posisi Wakil Perdana Menteri.

Srettha adalah PM pertama dalam lebih dari empat dekade yang juga mengambil peran sebagai Menteri Keuangan. Mantan taipan bisnis ini dan tim menterinya menghadapi tugas menghidupkan kembali perekonomian di tengah kenaikan suku bunga dan perlambatan ekspor. Utang rumah tangga mendekati rekor tertinggi sementara para petani serta usaha kecil dan menengah masih belum pulih dari dampak pandemi.

"Dia memiliki kualifikasi sebagai kepala keuangan dengan pengalaman bisnis yang luas," kata Titipol Phakdeewanich, dekan ilmu politik di Universitas Ubon Ratchathani. "Namun, langkah ini mungkin menimbulkan pertanyaan tentang mekanisme checks and balances (keseimbangan antaran lembaga-lembaga negara)."