Logo Bloomberg Technoz

NASA: Jatuhnya Pesawat Antariksa Rusia Picu Kawah Baru di Bulan

News
03 September 2023 11:45

Bulan (Sumber: Bloomberg)
Bulan (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pesawat luar angkasa Luna-25 milik Rusia yang kehilangan kendali dan jatuh di bulan kemungkinan menyebabkan munculnya kawah selebar 33 kaki di permukaan bulan. Hal itu disampaikan oleh NASA pada Kamis (29/8/2023) sambil menyertakan foto yang menunjukkan dugaan lokasi jatuhnya pesawat luar angkasa tersebut.

Misi bulan pertama Rusia dalam 47 tahun berakhir dengan kegagalan pada 19 Agustus 2023. Kala itu pesawat luar angkasa Luna-25 menabrak bulan setelah mengalami kerusakan pada mesin.

Pekan lalu, pesawat luar angkasa Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA menangkap sejumlah foto yang digambarkan sebagai "kawah baru" oleh badan antariksa AS setelah Rocosmos, badan antariska Rusia, mengungkap perkiraan di mana pesawat luar angkasanya mendarat.

"Dikarenakan kawah baru ini berdekatan dengan titik perkiraan dampak Luna-25, tim LRO menyimpulkan bahwa kemungkinan besar kawah muncul disebabkan oleh misi tersebut, bukan dari benda alami yang menghantam," ungkap NASA pada pernyataan yang dirilis di situs resminya.