Logo Bloomberg Technoz

Ukraina Akan Tahan Taipan Igor Kolomoisky Terkait Korupsi

News
03 September 2023 08:45

Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)
Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)

Kateryna Choursina - Bloomberg News

Bloomberg, Layanan Keamanan dan Biro Keamanan Ekonomi Ukraina lewat situs webnya mengumumkan pengusaha Igor Kolomoisky telah diberikan surat pemberitahuan sebagai tersangka atas tuduhan penipuan atau penggelapan. Kolomoisky diduga melakukan penggelapan properti yang diperoleh secara ilegal. 

Dalam video pengadilan yang diterbitkan oleh situs web Ukrayinska Pravda pada Sabtu (2/9) malam, pengadilan Ukraina juga telah memerintahkan untuk melakukan penahanan terhadap Kolomoisky selama 60 hari sebagai tindakan pencegahan.

Kolomoisky tidak memberikan tanggapan saat diminta komentar terkait hukumannya tersebut. Dia memiliki opsi untuk membayar jaminan yang ditetapkan sekitar 510 juta hryvnia (Rp209 miliar).

Dari pernyataan yang dihimpun, Kolomoisky telah melakukan kejahatan dari tahun 2013 hingga 2020 dengan nilai lebih dari 500 juta hryvnia (Rp205 miliar) dari lembaga perbankan yang berada di bawah kendalinya. Penyelidikan pra-persidangan yang diawasi oleh Kantor Jaksa Agung kini sedang berlangsung.