Logo Bloomberg Technoz

PKS belum menetapkan kapan majelis syura diselenggarakan. Partai hanya memastikan, majelis akan dihelat dalam waktu dekat.

Yusuf tak menampik, banyak lobi dan usulan nama yang akan diusung dari setiap perwakilan partai. Akan tetapi, menurut Yusuf, hal ini lumrah dilakukan.

"Kalau namanya lobi, bukan hanya sekarang saja. Dari sebelumnya pun sudah banyak yang lobi dan tidak terkait dengan ini [situasi sekarang]," jelas Yusuf.

Manuver NasDem-PKB

Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin adalah 'korban kedua' Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ungkapan ini merujuk pada proses hingga keduanya dilamar oleh partai berlambang burung elang tersebut.

Anies, dalam pidato deklarasi dirinya bersama Cak Imin menceritakan proses pembentukan koalisi yang sangat cepat. "Saya sedang berada di Tol di daerah Bekasi setelah menghadiri resepsi," kata Anies.

Saat diperjalanan, mendadak Anies ditelpon untuk hadir ke kantor DPP Partai NasDem. "Saya kira mau diajak ngopi sore," imbuh Anies.

"Sampai di tujuan, tiba-tiba seluruh anggota DPP ada, dengan wajah yang berbeda. Tak lama, saya diajak ke sebuah ruangan untuk berbicara bersama Bang Surya [Surya Paloh]," sambungnya.

Anies mengaku, saat itu juga ia 'ditembak' untuk menjadi capres yang diusung NasDem. Padahal, pembicaraan ini berlangsung kemarin, Jumat (1/9/2023).

"Langsung diminta, apakah besok siap untuk deklarasi. Besok, berarti hari ini, tanggal 2 September. Jadi, Cak Imin, you're the second victim," gurau Anies.

Karena setelah proses tersebut, barulah Cak Imin yang diajak berbicara terkait pinangan NasDem.

Anies menambahkan, ia menerima pinangan tersebut melihat visi misi Surya Paloh. "Ini beliau [Surya Paloh] bukan untuk keluarga atau kolega, tapi demi negeri ini," imbuh Anies.

(yun/dhf)

No more pages