Logo Bloomberg Technoz

Anies ke Cak Imin: Anda Adalah 'Korban' Kedua

Yunia Rusmalina
02 September 2023 16:00

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin adalah 'korban kedua' Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ungkapan ini merujuk pada proses hingga keduanya dilamar oleh partai berlambang burung elang tersebut.

Anies, dalam pidato deklarasi dirinya bersama Cak Imin menceritakan proses pembentukan koalisi yang sangat cepat. "Saya sedang berada di Tol di daerah Bekasi setelah menghadiri resepsi," kata Anies.

Saat diperjalanan, mendadak Anies ditelpon untuk hadir ke kantor DPP Partai NasDem. "Saya kira mau diajak ngopi sore," imbuh Anies.

"Sampai di tujuan, tiba-tiba seluruh anggota DPP ada, dengan wajah yang berbeda. Tak lama, saya diajak ke sebuah ruangan untuk berbicara bersama Bang Surya [Surya Paloh]," sambungnya.

Anies mengaku, saat itu juga ia 'ditembak' untuk menjadi capres yang diusung NasDem. Padahal, pembicaraan ini berlangsung kemarin, Jumat (1/9/2023).