Logo Bloomberg Technoz

TREN SEPEKAN

Rangka eSAF Bermasalah Hingga Cak Imin Jadi Cawapres Anies

Ruisa Khoiriyah
02 September 2023 09:20

Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sepanjang pekan ini perhatian publik terbetot pada masalah rangka eSAF motor honda yang patah dan berkarat di mana itu telah menyeret harga saham PT Astra International Tbk (ASII) anjlok beberapa waktu belakangan ini.

Kementarian Perhubungan telah membentuk tim investigasi untuk kasus tersebut yang dimulai dengan kunjungan ke pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) Jumat kemarin.

Kunjungan ke pabrik  dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari tim penyelidikan sekaligus menginvestigasi terhadap dugaan rangka eSAF yang patah dan korosi.

Ramai isu rangka eSAF motor Honda mengiringi panasnya jagad perpolitikan Tanah Air yang dikejutkan dengan kemunculan nama Cak Imin, Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, sebagai pendamping Anies Baswedan sebagai pasangan capres-cawapres untuk Pemilu 2024. 

Isu lain juga masih panas menjadi sorotan sepekan terakhir mulai dari penolakan usulan kenaikan harga gas industri yang diajukan oleh PGN, hingga wacana penghapusan BBM berjenis Pertalite yang dilempar oleh PT Pertamina (Persero).