Logo Bloomberg Technoz

Hotel Majapahit Bersejarah, Tempat Anies-Cak Imin akan Diresmikan

News
02 September 2023 08:20

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dalam sambutan Harlah PKB ke-25. (dok tangkapan layar Youtube DPP PKB)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dalam sambutan Harlah PKB ke-25. (dok tangkapan layar Youtube DPP PKB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa dipastikan akan menggelar acara deklarasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies R. Baswedan dan Muhaimin Iskandar Sabtu siang ini di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Pemilihan tempat deklarasi di Surabaya, ibukota Jawa Timur, menjadi simbolik mengingat provinsi ini adalah sudah lama menjadi 'daerah kekuasaan' PKB.

Partai yang didirikan di kediaman Gus Dur yang ketika itu menjabat sebagai Ketua Umum PBNU pada 1998, sejak kelahirannya selalu berhasil merebut suara terbanyak di Jawa Timur, basis terbesar kaum Nahdliyin di Indonesia.

Melansir data Badan Pusat Statistik, pada Pemilu 1999, PKB langsung merebut 12,62% suara di tingkat nasional dan menempatkannya sebagai partai terbesar ketiga setelah PDIP dan Golkar. Persentase itu setara dengan 13,32 juta di mana sebanyak 7,03 juta suara disumbangkan oleh Jawa Timur. 

Lalu pada Pemilu 2004, perolehan PKB turun menjadi 11,98 juta suara di mana Jawa Timur menyumbang 6,29 juta suara. Pada Pemilu 2009, perolehan suara PKB anjlok cuma 5,14 juta dengan Jawa Timur menyumbang 607 ribu suara saja.