Logo Bloomberg Technoz

Mohamed Al Fayed, Taipan Kontroversial Meninggal Dunia

News
02 September 2023 06:29

Mohamed Al Fayed (Bloomberg)
Mohamed Al Fayed (Bloomberg)

Devon Pendleton - Bloomberg News - 

Bloomberg, Mohamed Al Fayed, pebisnis asal Mesir yang memulai karir dengan berjualan minuman di jalanan Alexandria dan membangun kekayaannya termasuk beberapa aset paling terkenal di Inggris, telah meninggal dunia.

Dia berusia 94 tahun. Keluarganya menyatakan dalam sebuah keterangan, Al Fayed meninggal dunia pada 30 Agustus lalu setelah "menjalani masa pensiun panjang yang memuaskan, dikelilingi oleh orang-orang yang dicintainya." Pernyataan tersebut dilansir Associatied Press, dirilis oleh Fulham Football Club di London, yang pernah dimiliki oleh Al Fayed.

Al Fayed berekspansi menyerbu Inggris dan lembaga-lembaga setelah datang ke negara itu pada dekade 1970-an dengan dana melimpah dan rasa lapar akan kehormatan, berulang kali mengatasi pertanyaan tentang sumber kekayaannya untuk mengakuisisi saham di aset-aset berharga termasuk Harrods, Fulham Football Club dan Ritz Hotel di Paris.

Ia menjadi terkenal karena bentrokan sengit dengan keluarga kerajaan Inggris setelah kematian Putri Diana dalam kecelakaan mobil di Paris pada tahun 1997. Putra kesayangan Al Fayed, Dodi, yang dikencani Diana, dan sopirnya juga tewas.