Logo Bloomberg Technoz

UMKM Ungkap Alasan Pinjol Lebih Menggiurkan Ketimbang KUR

Dovana Hasiana
01 September 2023 20:00

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Persyaratan yang dinilai rumit dan proses pemberian pinjaman yang lama dinilai sebagai faktor para pelaku UMKM lebih memilih untuk menggunakan pinjaman online (pinjol) dibandingkan kredit usaha rakyat (KUR). 

Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Edy Misero mengatakan UMKM lebih memilih untuk menggunakan pinjol karena proses yang cepat. Sehingga para pelaku usaha tetap bisa meningkatkan produktivitas dengan memenuhi pesanan walaupun tidak memiliki modal usaha yang cukup.

“Saking sulitnya (akses KUR), kita jadi malas. Udah deh tidak usah pinjam KUR bank pemerintah, susah, kita pinjam pinjol aja deh, fintech aja. Makanya kan fintech berkembang, kenapa? karena adanya kemudahan-kemudahan,” ujar Edy saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (31/8/2023) malam. 

Menurutnya, hal yang paling dibutuhkan oleh UMKM bukan tingkat bunga (interest) yang rendah, melainkan percepatan pemberian pinjaman modal. Para UMKM pun disebut lebih memilih melakukan pinjaman dengan bunga yang sedikit lebih tinggi namun dengan proses yang cepat, dibandingkan meminjam dengan bunga rendah tapi harus menunggu hingga berbulan-bulan. 

“Ngapain interest rendah, tapi berbulan-bulan kami menunggu dan akhirnya tidak cair juga? Mending interest tinggi sedikit, (misalnya) 2% setiap bulan bukan 3% per tahun, tapi hari ini saya minta, 20 menit kemudian cair,” jelasnya.