Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tunjuk Pj Gubernur, Mayoritas Pejabat Pusat

Yunia Rusmalina
01 September 2023 18:20

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Kepala Biro Pers Istana Bey Machmudin. (Dok. Sekretariat Presiden)
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Kepala Biro Pers Istana Bey Machmudin. (Dok. Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih nama penjabat gubernur yang akan memimpin 10 provinsi hingga Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak, November 2024. Pemilihan dilakukan usai Jokowi memimpin sidang Tim Penilaian Akhir, Kamis Sore (31/8/2023).

"Sedangkan untuk hasilnya atau nama-namanya, mari sama-sama kita tunggu Keputusan Presiden (Keppres)," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Benny Irwan saat dihubungi, Jumat (1/9/2023).

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, mayoritaa PJ gubernur yang terpilih berasal dari pejabat di lingkungan pemerintah pusat. Bahkan, beberapa bertugas di sekitar Presiden Jokowi.

Jokowi memilih Deputi Bidang Protokol Pers dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin sebagai pengganti sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Sebelumnya, Jokowi juga telah menunjuk Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta, Oktober 2022.

Bey tercatat mengungguli dua nama lain yang diajukan DPRD Jawa Barat yaitu Direktur Jenderal Peraturan Perundangan, Kementerian Hukum dan HAM, Asep Mulyana; dan Guru besar Universitas Padjajaran, Keri Lestari.