Logo Bloomberg Technoz

Soal Hengkang dari Koalisi, Demokrat Tunggu Instruksi SBY

Pramesti Regita Cindy
01 September 2023 15:35

Politikus Partai Demokrat Herman Khaeron (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Politikus Partai Demokrat Herman Khaeron (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi Partai Demokrat, Herman Khoirun menyampaikan kemungkinan soal bertahan atau tidak di Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan. 

Namun dirinya mengatakan Partai Demokrat menunggu arahan dari Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan melakukan rapat Majelis Tinggi untuk menentukan arah keberlanjutan koalisi yang sebelumnya bersama dengan Partai NasDem dan PKS. 

"Kemudian nanti akan mendapatkan arahan dari Ketua Majelis Tinggi pak SBY dan nanti akan banyak masukan dari anggota majelis tinggi dan insya Allah apa nanti keputusannya pasti nanti disampaikan kepada media," kata Herman ketika ditemui di gedung Nusantara I, Jakarta pada Jumat (1/9/2023). 

Sementara terkait rencana meninggalkan koalisi dan kemungkinan membuat koalisi baru, Herman menyebut masih ada etika serta moral politik yang harus dijaga.

"Ya kemungkinan serba ada, serba mungkin. Dalam politik sekali lagi serba mungkin. Koridornya adalah etika dan moral dan apakah bisa melanjutkan? Kita tunggu nanti respon dari seluruh majelis tinggi apa," sambungnya.