Logo Bloomberg Technoz

SEC Kembali Tunda Putusan ETF Bitcoin Fidelity & BlackRock

News
01 September 2023 12:05

Securities and Exchange Commission (SEC) AS (Sumber: Bloomberg)
Securities and Exchange Commission (SEC) AS (Sumber: Bloomberg)

Vildana Hajric dan Katie Greifeld-Bloomberg News

Bloomberg,  Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) Amerika Serikat (AS) menunda lagi putusan soal persetujuan exchange-traded fund (ETF) yang dapat berinvestasi langsung pada aset digital Bitcoin. Hal yang membuat kecewa para investor aset digital selang beberapa hari pasca putusan pengadilan yang dianggap banyak pihak sebagai pembuka jalan produk yang telah dinantikan selama bertahun-tahun.

Regulator, yang memiliki mandat —salah satunya perlindungan investor—menangguhkan pengajuan dari Bitwise, VanEck, Invesco, Valkyrie, dan WisdomTree, menurut dokumen yang dipublikasikan Kamis (31/9/2023) waktu setempat. 

Salah seorang juru bicara BlackRock mengatakan bahwa proposal perusahaan tersebut juga ditangguhkan. Ketua SEC Gary Gensler secara konsisten membenarkan penentangan terhadap ETF sebagai upaya melindungi para investor dari industri yang menurutnya penuh tipu muslihat.

Ketua SEC Gary Gensler. (Dok: Bloomberg)

Keputusan ini muncul setelah Grayscale Investments mendapatkan dukungan dari pengadilan atas proposal yang sebelumnya dimentanhkan SEC. Untuk diketahui Selasa lalu, pengadilan banding federal membatalkan penolakan aplikasi Grayscale untuk mengubah kepercayaan Bitcoin menjadi ETF.