Logo Bloomberg Technoz

Biaya Sekolah dan Kuliah Sumbang Inflasi, Berlanjut ke September

Krizia Putri Kinanti
01 September 2023 09:31

Suasana belajar di sebuah sekolah dasar di Tangerang, Banten (Dok. Istimewa)
Suasana belajar di sebuah sekolah dasar di Tangerang, Banten (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik melaporkan, inflasi kelompok pendidikan pada Agustus mencapai 2,07% year-on-year.

Di mana penyumbang utama adalah inflasi subkelompok pendidikan lain sebesar 3,59% dan terendah yaitu subkelompok pendidikan tinggi sebesar 1,53%.

"Inflasi kelompok pendidikan cenderung terjadi pada rentang Juli sampai September bersamaan dengan dimulainya Tahun Ajaran baru. Juli adalah dimulainya Tahun Ajaran baru, lalu Agustus-September adalah waktu bagi mahasiswa memulai perkuliahan," kata Pudji Ismartini Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik dalam konferensi pers pengumuman inflasi Agustus di Jakarta, hari ini (1/9/2023).

BPS membeberkan, pada Agustus 2023,  kelompok pendidikan memberikan sumbangan sebesar 0,12% di mana yang dominan menyumbang inflasi adalah. uang kuliah sebesar 0,03%.

Sementara secara bulanan, sumbangannya terhadap inflasi mencapai 0,05%. Secara bulanan, yang berandil terhadap inflasi adalah uang kuliah 0,02%, uang sekolah SMA, SD dan SMP masing-masing 0,01%.

Artikel Terkait