Logo Bloomberg Technoz

Kabar di pasar Asia tengah mencermati kebijakan Bank Rakyat Tiongkok (PBoC) yang berpeluang untuk memangkas suku bunga pada kuartal II-2023. Melansir Bloomberg News, PBoC telah mengisyaratkan akan mempertahankan kebijakan moneter yang relatif longgar tahun ini untuk membantu pemulihan ekonomi negara. 

Kabar dalam negeri datang dari laporan Bank Indonesia (BI), tercatat penjualan eceran atau retail sales pada kinerja Desember 2022 tumbuh positif. Indeks Penjualan Riil (IPR) Desember 2022 tercatat 217,8. Tumbuh 0,7% secara tahunan.

Secara bulanan, IPR Desember 2022 berhasil tumbuh 7%. BI memaparkan, penjualan ritel pada Januari 2023 diproyeksi akan kembali terakselerasi. Kinerja tersebut ditopang oleh peningkatan pertumbuhan pada seluruh kelompok.

Harga batu bara dunia mengalami penurunan tajam. Pasar ICE Newcastle ditutup mengalami koreksi dalam menjadi US$ 229/ton akibat aksi ambil untung. Harga batu bara dua hari sebelumnya sempat naik 13%. Harga gas juga mengalami pelemahan. Komoditas energi memang berada di fase pelemahan, akibat potensi turunnya permintaan karena musim dingin akan segera berhenti. 

(fad/wep)

No more pages