Logo Bloomberg Technoz

Langkah ini kemungkinan akan meningkatkan penjualan properti, meredakan tekanan likuiditas bagi pembeli dan meningkatkan sentimen pasar, tulis para ekonom Citigroup Inc. dalam catatan penelitian.

Ilustasi pasar properti China (Dok Bloomberg)

Suku bunga KPR sudah menurun sebelum langkah terbaru ini. Pada Juni, 100 dari 343 kota China telah menurunkan suku bunga pinjaman rumah baru—atau menghapuskan minimum yang diperlukan—kata PBOC dalam laporan kebijakan moneter kuartalannya.

Hal itu menurunkan rata-rata nasional menjadi 4,11% pada Juni, turun 0,51 poin persentase dari setahun sebelumnya. Sebagai kontras, suku bunga di AS telah melonjak menjadi lebih dari 7%.

Penurunan suku bunga pinjaman meningkatkan tekanan pada margin bunga bank. Setidaknya empat bank, termasuk Bank Industri & Komersial China Ltd. dan Bank Pertanian China Ltd., memangkas suku bunga deposit mereka setelah pengumuman regulator pada Kamis malam.

Langkah selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah setiap tindakan oleh pemerintah pusat untuk melonggarkan kebijakan fiskal dan menyelesaikan tantangan utang pemerintah daerah, demikian menurut para ekonom Morgan Stanley

"Pendapat kami adalah kombinasi dari langkah-langkah ini akan membantu menstabilkan permintaan agregat," tulis mereka.

Pemerintah daerah akan menetapkan ambang batas uang muka dan lantai suku bunga mereka sendiri sesuai dengan kondisi pasar regional, kata regulator pada Kamis.

--Dengan asistensi Emma Dong.

(bbn)

No more pages