Logo Bloomberg Technoz

Surya Paloh Bantah Menolak AHY Jadi Cawapres Anies

Pramesti Regita Cindy
01 September 2023 04:05

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membantah bahwa dirinya menolak Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan. Dia mengatakan, AHY adalah calon pemimpin masa depan.

"Endak pernah saya tidak pernah mengatakan tidak setuju dengan mas AHY sungguh saya harus katakan apalagi dalam publik atau pertemuan dan tulisan itu enggak ada," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis malam (31/8/2023).

Hal itu dia sampaikan merespons tudingan Partai Demokrat yang menyatakan bahwa Surya Paloh yang "menjodohkan" Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai bakal capres-cawapres. Demokrat juga menuding bahwa Anies lebih patuh kepada Surya Paloh dan tidak menghargai partai lain di koalisi.

Sementara juru bicara Anies yang juga anggota Tim 8 Sudirman Said sempat menyatakan bahwa Anies sudah melakukan tugasnya sebagai capres sesuai dengan Piagam Koalisi. Namun dia memang sempat menyinggung ada pimpinan partai yang cenderung belum menerima AHY diajukan mendampingi Anies dan meminta agar pengumuman tidak terburu-buru.

"Pertama, ada partai yang berpandangan bahwa menyetujui dan meminta segera ditetapkan. Kedua, ada yang berpandangan bahwa tidak perlu terburu-buru menetapkan tapi menunggu menjelang akhir pendaftaran sembari mengantisipasi bila ternyata muncul opsi nama lain," kata Sudirman yang juga mantan Menteri ESDM itu.