Logo Bloomberg Technoz

Kubu Anies Menjawab Tudingan Demokrat soal Pengkhianatan

Ezra Sihite
01 September 2023 00:01

Anies Baswedan bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram @aniesbaswedan)
Anies Baswedan bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram @aniesbaswedan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Tim 8 kubu Anies Baswedan yakni Sudirman Said mengatakan bahwa calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan memang memiliki tugas untuk memilih pasangan politik yakni cawapres. Oleh karena itu Anies sudah melakukan tugasnya.

Pernyataan Sudirman Said ini menjawab tudingan Partai Demokrat yang merasa dikhianati di Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Partai yang kini dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono itu tidak menerima keputusan Anies yang disebutnya sudah memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).

Sudirman menyatakan, dalam butir 3 Piagam Kerja Sama Tiga Partai, calon presiden diberi tugas untuk memilih pasangan politik (cawapres).

"Tugas ini dipahami penuh oleh capres sebagai proses seleksi karena pada akhirnya yang memiliki kewenangan untuk menetapkan dan mendaftarkan pasangan capres dan cawapres adalah pimpinan partai politik sebagai pengusung, bukan capres," kata Sudirman saat dikonfirmasi Bloomberg Technoz pada Kamis malam (31/8/2023).

Dia mengatakan bakal capres Anies telah melakukan tugas itu melalui proses panjang dan pembahasan dengan berbagai pihak dalam mengkaji semua nama yang diusulkan.