Logo Bloomberg Technoz

Anies Khianati Demokrat, Gandeng Cak Imin Jadi Bakal Cawapres

Pramesti Regita Cindy
31 August 2023 18:49

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrat menyebutkan bahwa secara sepihak, bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan sudah menerima PKB sebagai koalisi. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya melalui keterangannya yang disampaikan kepada media.

"Saya ingin menyampaikan perkembangan situasi terkini. Penjelasan ini saya tujukan utamanya kepada para pemimpin dan kader Demokrat di seluruh Tanah Air, dan tentunya juga kepada masyarakat luas," kata Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Kamis (31/8/2023).

Partai Demokrat kata dia pada 30 Agustus 2023 memang mendapatkan informasi dari Sudirman Said mewakili capres Anies Baswedan bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai NasDem dan PKB. Hal itu untuk mengusung pasangan bakal capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh.

Partai Demokrat kemudian mengkonfirmasi hal tersebut kepada Anies Baswedan dan mendapatkan jawaban yang membenarkannya.

"Ia mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar. Demokrat “dipaksa” menerima keputusan  itu (fait accompli)," lanjut dia.