Logo Bloomberg Technoz

BI Sebut Pengendalian Inflasi RI Terbaik Sedunia karena Jurus Ini

Krizia Putri Kinanti
31 August 2023 15:26

Pembeli sayur berbelanja di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (27/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pembeli sayur berbelanja di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (27/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyebut keberhasilan pengendalian inflasi di Indonesia sejauh ini adalah yang terbaik di dunia dengan ramuan kebijakan bank sentral yang tidak hanya mengandalkan bunga acuan sebagai obat satu-satunya.

Dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2023 hari ini (31/8/2023), Perry memaparkan, Indonesia berhasil menjinakkan inflasi di mana saat ini tingkat harga RI termasuk yang terendah di dunia per Juli sebesar 3,08%. 

Level inflasi yang berhasil dijinakkan itu menjadi buah dari sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia. "Keberhasilan Indonesia mengendalikan inflasi, terbaik di dunia karena sinergi yang erat," kata Perry.

Negara-negara lain kebanyakan mengandalkan pendekatan kebijakan bunga acuan sebagai satu-satunya 'obat' untuk menurunkan inflasi. Bunga acuan terus dikerek naik sampai inflasi jinak.

Sementara di Indonesia, demikian jelas Perry, bunga acuan bukan obat satu-satunya. "Ada kebijakan suku bunga, ada stabilisasi nilai tukar dan kami mengelola ekspektasi inflasi dari kebijakna moneter Bank Indonesia. Dari sisi pemerintah dilakukan kebijakna fiskal, subsidi dan hadiah pemenang tim pengendali inflasi daerah," kata Perry.