Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya pada Juli 2023 BlackRock mengajukan proposal ETF yang sama. Kala itu Bitcoin meroket ke tingkat harga tertinggi dalam setahun.

Namun sejak dua pekan lalu harga Bitcoin mengalami koreksi dalam, mengingat prospek suku bunga masih tetap tinggi dan berkepanjangan. Hal yang diperburuk oleh perdagangan kripto yang sepi.  Bitcoin diperdagangkan kurang dari setengah rekor tertingginya yang dicapai pada akhir 2021.

“Banyak minat kripto telah meninggalkan ekosistem, bahkan orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam ekosistem ini mulai pesimis.” kata Leo Mizuhara, founder dan CEO Hashnote, platform manajemen aset institusional keuangan terdesentralisasi.

Penurunan minat dapat raihan kontrak berjangka, salah satu derivatif yang terpopuler di pasar. Tidak banyak perubahan atas kontrak,  pertukaran perpetual Bitcoin, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Kaiko. 

“Setelah aplikasi ETF spot, banyak spekulasi yang dibangun, setelah konsolidasi [harga BTC] panjang antara US$29.000 hingga US$31.000, ketika harga mulai menembus kisaran ini, gelombang likuidasi bertingkat terjadi yang banyak mengambil posisi beli yang diungkit dari pasar,” kata Spencer Hallarn, salah seorang pedagang derivatif di perusahaan investasi crypto GSR. 

Namun beberapa trader justru mengambil posisi lebih tinggi atas Bitcoin di pasar option pasca kemenangan Grayscale, menurut Fredrick Collins, CEO dan founder Velo Data, platform data kripto. Perbandingan harga “put” dan “call” yang mahal mencapai titik terendah dalam satu tahun ini.

Sebagian investor bersiap membeli dalam janka pendek. Ini dapat diartikan para pedagang mencari harga yang lebih tinggi dalam waktu dekat, menurut Darius Sit, founder dan CIO QCP Capital, perusahaan trading kripto.

CEO Grayscale Investments Michael Sonnensheinpada hari Rabu sebut bahwa perusahaan belum yakin apakah perusahaan perlu mengajukan kembali aplikasi ke SEC. “Kami harus melihat prosedur operasional akhir yang muncul dari mandat akhir yang akan dikeluarkan pengadilan,” kata Sonnenshein di Bloomberg Television.

(bbn)

No more pages