Logo Bloomberg Technoz

Kenaikan harga beras sebelumnya juga diamini Dirut Bulog, Budi Waseso saat berkunjung ke Pasar Klender, Jakarta Timur, awal pekan ini.

Buwas, sapaannya, mengatakan dalam waktu dekat bersama Bapanas sedang mempersiapkan beras dengan ukuran 1 kilogram yang akan dilempar ke pasar untuk menstabilkan harga. Kemasan 1 kilogram dibuat jika masyarakat tidak bisa membeli beras per 5 kilogram yang dibanderol dengan harga Rp47 ribu.

Selain itu, Buwas juga menyebut bakal mempercepat penyaluran bansos beras, yakni pada September dari semula dijadwalkan Oktober. Beras sebanyak 640 ribu ton akan digelontorkan sepanjang tiga bulan intervensi.

Terkait dengan ketersediaan beras, Buwas juga menegaskan stok beras saat ini sebanyak 1,6 juta ton sudah sangat aman untuk masyarakat. Buwas meminta masyarakat berhenti meniupkan isu negatif tentang Indonesia kekurangan beras.

"Jangan sampai ada isu negatif kalau beras itu kurang. Kita punya beras 1,6 juta ton dan ini semuanya premium," kata Buwas, Senin (28/8/2023).

(ain)

No more pages