Logo Bloomberg Technoz

Perubahan paling banyak terjadi pada model premium, termasuk rangka yang didesain ulang dengan material titanium—bukan baja tahan karat. Hal yang menyebabkan bezel lebih tipis dibandingkan rilisan iPhone tahun lalu. Titanium membuat bobot smartphone Apple lebih ringan.

Tata letak tombol pada iPhone 15 juga akan disesuaikan dan berpeluang menghadirkan tombol aksi sebagai pengganti tombol ‘mute’. Jika terjadi, ‘Action Button’ menjadi yang pertama kali sejak 2007.

Ilustrasi desain iPhone 15 yang bocor di media sosial. (Dok: fix Apple)

iPhone 15 model premium akan menggunakan prosesor A17 dengan arsitektur cip 3-nanometer (3-nm). Ukuran layar pada model ini  6,7 inci dengan penambahan teknologi kamera baru dengan zoom optik yang lebih dalam. Hal yang membuat pengguna dapat memfokuskan kamera dengan jarak yang lebih dekat dari objek.

iPhone 15 kemungkinan akan diperkenalkan CEO Tim Cook dalam empat model. Seluruhnya menggunakan koneksi pengisian daya USB-C sebagai bagian dari Apple mematuhi aturan Uni Eropa terbaru, dan akan menjadi yang pertama sejak 2012.

Pemesanan bisa dilakukan pada Jumat pasca peluncuran, untuk kemudian dikirim satu pekan setelahnya kepada pelanggan dan jaringan ritel Apple. Bloomberg News melaporkan  Apple juga berencana menaikkan harga pada beberapa model model-model yang lebih tinggi tahun ini.

Perkiraan gambar iPhone 15. (Dok: Apple Insider)

Apple cukup mendapat tekanan di tengah persiapan perilisan produk mereka, karena penjualan kuartalan diketahui mengalami penurunan. Terjadi selama tiga kuartal berturut-turut. Terjadi tren merosotnya permintaan smartphone secara industri.

Dengan produk baru diharapkan terjadi pemulihan pertumbuhan menjelang musim liburan ini—periode yang selalu diharapkan karena terjadi penjualan paling besar atas seluruh lini produk Apple dalam satu tahun.

Bersama-sama, iPhone dan Apple Watch berpeluang nyumbang sebagian besar pada pendapatan raksasa teknologi ini.

Kontribusi penjualan produk dan layanan atas Apple. (Dok: Bloomberg)

Dalam perilisan juga akan hadir AirPods dengan pemutakhiran teknologi, yang menyertakan konektor pengisian daya USB-C. Sementara Apple Watch seri 9 hadir dan merupakan versi generasi kedua dari high-end Ultra mereka. Untuk diketahui tahun lalu seri ini meluncur untuk kali pertama.

Dengan cip terbaru model iPhone memiliki kemampuan lebih cepat, meningkatkan kemampuan kinerja pada smartwatch milik Apple untuk pertama kali dalam tiga tahun ke belakang. Sementara update lain bersifat minor. Warna casing baru diharapkan menjadi salah satu nilai jual perusahaan, dengan Apple telah menguji versi Ultra berwarna hitam.

(bbn)

No more pages