Logo Bloomberg Technoz

Analis: ASII Jadi Peluang Selama Tidak Ada Recall Terkait eSAF

Muhammad Julian Fadli
31 August 2023 11:36

Astra Honda Motor (AHM). (Dok. astra-honda.com)
Astra Honda Motor (AHM). (Dok. astra-honda.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Analis menilai, isu sasis atau rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) tidak menjadi gangguan untuk fundamental PT Astra International Tbk (ASII). Dengan catatan, isu ini tak sampai membuat entitas Astra, PT Astra Honda Motor (AHM) tak sampai melakukan penarikan atau recall motor yang menggunakan jenis rangka tersebut.

Andrey Wijaya, analis RHB Sekuritas mengatakan, ia mendapat konfirmasi dari perusahaan jika seluruh produksi AHM dilakukan dengan mengedepankan unsur keamanan, kenyamanan, dan kepuasan pelanggan. Sehingga, konsumen yang memiliki keluhan dengan rangka eSAF.

"Tidak ada rencana [dari AHM] untuk melakukan recall," kata Andrey dalam  riset, dikutip Kamis (31/8/2023).

Justru, kata Andrey, tren penurunan harga saham ASII saat ini menjadi peluang. "Kami meyakini tren penurunan harga saham belakangan ini menjadi peluang untuk akumulasi di harga yang rendah," imbuh Andrey.

Harga saham ASII hingga jelang penutupan sesi I hari ini menguat 25 poin atau 0,39% je level Rp6.475/saham. Meski begitu, saham ASII masih mengakumulasi penurunan 5,47% selama satu bulan perdagangan terakhir.