Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tak Tahu-menahu Soal Usulan Pertalite Dihapus 2024

Sultan Ibnu Affan
31 August 2023 11:20

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival, Jayapura, 7 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival, Jayapura, 7 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo 'Jokowi' mengaku belum mendapatkan informasi soal usulan PT Pertamina (Persero) menghapus bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite, yang akan diganti menjadi Pertamax Green 92.

"Belum. Saya belum dapat informasi itu," tegas Jokowi saat dimintai konfirmasi, di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HIPMI di Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Pertamina sebelumnya menyatakan bakal menjual hanya tiga jenis bensin pada 2024, yang diklaim lebih ramah lingkungan. Dari ketiganya, tidak akan ada lagi Pertalite.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan jenis bensin yang akan dijual perseroan pada tahun depan adalah Pertamax Turbo, Pertamax Green 92, dan Pertamax Green 95.

Adapun, Pertalite akan bertransformasi dari angka oktan atau research octane number (RON) 90 menjadi 92 dengan jenama Pertamax Green 92. Bahan bakar tersebut, kata Nicke, merupakan bauran antara Pertalite dengan bahan bakar berbasis nabati (BBN) berbasis etanol 7% atau E7.