Logo Bloomberg Technoz

Tak Boleh Naikkan Harga Gas Non-HGBT, PGN Kini Dilanda Dilema

Sultan Ibnu Affan
31 August 2023 11:30

Jaringan pipa gas PGN. (Sumber foto website PGN)
Jaringan pipa gas PGN. (Sumber foto website PGN)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk. alias PGN menyiratkan dilema yang dihadapinya setelah rencana penaikan harga gas bagi pelanggan industri selain penerima harga gas bumi tertentu (HGBT) tidak direstui oleh pemerintah.

Corporate Secretary PGN Rachmat Hutama mengatakan sampai saat ini perseroan belum menerima surat penolakan resmi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tetapi menyatakan akan menerima keputusan pemerintah selama tidak merugikan perusahaan.

“Terkait dengan informasi yang beredar, pada prinsipnya, PGN masih menunggu kepastian informasi yang disampaikan secara resmi dan masih berkoordinasi dengan pemerintah. Sekiranya terdapat ketetapan tertulis yang diterbitkan oleh pemerintah, maka PGN akan menghormati dan mengacu pada ketetapan tersebut, sepanjang masuk dalam keekonomian PGN,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (31/8/2023).

PGN akan menghormati dan mengacu pada ketetapan [Kementerian ESDM] tersebut, sepanjang masuk dalam keekonomian PGN.

Corporate Secretary PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Rachmat Hutama

Menurutnya, perseroan selama ini sudah mendukung upaya pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi ke seluruh sektor pelanggan industri.

“[Namun], di satu sisi, PGN senantiasa berusaha menjaga keberlangsungan bisnis gas bumi dan kemampuan korporasi sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam hal pemanfaatan energi nasional,” ujar Rachmat.