Logo Bloomberg Technoz

Indeks Polusi Udara Jakarta Terus Naik Hingga Tembus 175

Fransisco Rosarians Enga Geken
31 August 2023 10:22

Kereta melintas dengan latar gedung diselimuti polusi di Jakarta, Rabu (23/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kereta melintas dengan latar gedung diselimuti polusi di Jakarta, Rabu (23/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masyarakat Kota Jakarta sekitarnya masih belum bisa menghirup udara bersih. Indeks kualitas udara di Kota Jakarta bertambah buruk pagi ini.

Berdasarkan data IQAir, pukul 10.00 WIB, indeks kualitas udara di Kota Jakarta menembus 175 atau berada pada kategori tak sehat (indeks 151-200) bagi seluruh kelompok masyarakat.

Polutan utama di udara yaitu PM2.5 bahkan terukur mencapai 102,6 mikrogram per meter kubik, atau lebih buruk 20,5 kali dari standar badan kesehatan dunia atau WHO. Udara di langit Kota Jakarta berada pada level berbahaya.

Langit Ibu Kota juga semakin kelabu. Pekatnya debu di udara terus membuat kota ini seperti berada pada cuaca mendung. Padahal di atas langit, meski tipis, nampak matahari bersinar terik seperti umumnya musim kemarau.

Kota Jakarta diprediksi akan terus diselimuti kabut debu sepanjang hari ini. Suhu di Ibu Kota akan mencapai 28 derajat celcius dengan kelembapan mencapai 65%. Kecepatan angin di wilayah ini akan mencapai 5,5 kilometer per jam.