Logo Bloomberg Technoz

Dian Swastatika (DSSA) Rogoh Rp1,5 T untuk Buyback Saham

Mis Fransiska Dewi
31 August 2023 10:10

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) melakukan pembelian kembali atau buyback saham sebanyak 15,75 juta saham. Emiten pertambangan batubara terafiliasi Grup Sinarmas ini merogoh kocek Rp 756,02 miliar untuk melakukan buyback.

“Pembelian kembali saham akan menyebabkan terjadinya pengalihan aset berupa kas menjadi saham treasuri dan peningkatan laba per saham,” kata Sekretaris Perusahaan  Dian Swastatika Susan Chandra dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, dikutip Kamis (31/8/2023).

Dengan pembelian yang dilakukan pada 30 Agustus 2023 ini, maka total saham treasuri yang dimiliki DSSA mencapai 63,75 juta saham dengan harga pembelian saham rata-rata Rp 48.000.

Susan menambahkan, pembelian kembali saham diharapkan dapat memberikan fleksibilitas kepada perseroan untuk mengelola kebutuhan modal jangka panjang, di mana saham treasuri dapat dialihkan di masa yang akan datang.

Pada 29 Agustus kemarin, DSSA melakukan langkah serupa dengan buyback 16,9 juta saham. Nilai buyback mencapai Rp811,2 miliar.