Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Perkirakan Kebutuhan LPG 3 Kg Tahun Ini Lampaui Kuota

Sultan Ibnu Affan
30 August 2023 21:30

Tabung gas LPG Pertamina./Bloomberg-Josh Estey
Tabung gas LPG Pertamina./Bloomberg-Josh Estey

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina memperkirakan kebutuhan gas LPG 3 kilogram akan melebihi kuota yang telah ditetapkan hingga akhir tahun ini. Hal itu diungkapkan Dirut Pertamina dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi VII DPR, Rabu (30/8/2023).

Kelebihan kuota diperkirakan sekitar 3,5% dari kuota yang telah ditetapkan pemerintah. Nicke secara terperinci mengatakan dari total 8 juta metrik ton yang ditetapkan, kemungkinan kebutuhan pada akhir tahun bisa mencapai 8,28 juga metrik ton.

"Dihitung berdasarkan tren dari bulan ke bulan. Terlebih demand yang tinggi pada saat Natal dan tahun baru," ujar Nicke.

Kendati demikian, Nicke memastikan pemerintah tidak perlu menambah alokasi subsidi. Alasannya, kata Nicke, harga gas dunia acuan CP Aramco diketahui masih di bawah dari asumsi pemerintah saat ini. Menurutnya, selisih perhitungan tersebut dapat menutup kebutuhan yang membengkak tersebut.

“Jadi kita mengusulkan adanya persetujuan dari over kuota ini dengan tidak menambah alokasi. Tentunya butuh dukungan dari DPR,” kata Nicke.