Logo Bloomberg Technoz

Air laut setinggi 4,9 meter dapat menerjang pantai di sebelah utara Tampa, dan air setinggi 1,8 meter dapat membanjiri Teluk Tampa. Badai ini kemungkinan besar akan melanda bagian utara daerah padat penduduk di dekat Tampa dan Clearwater.

Hal ini membuat Bandara Internasional Tampa ditutup karena topan. Berdasarkan data dari FlightAware, ebih dari 500 penerbangan masuk dan keluar bandara Florida dibatalkan pada Rabu pagi. Sekitar 100 penerbangan dibatalkan dari dan menuju Atlanta.

Idalia akan menjadi topan besar pertama yang melanda Florida sejak September tahun lalu. Saat itu, Topan Ian melanda bagian barat negara bagian tersebut sebagai badai Kategori 4, yang menewaskan setidaknya 150 orang dan menyebabkan kerusakan lebih dari US$112 miliar.

Menurut Chuck Watson, ahli permodelan bencana dari Enki Research, topan Idalia dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian sebesar US$10 miliar. Badai ini melanda daerah berpenduduk jarang, dan akan mengurangi dampak kerusakan. Akan tetapi, apa pun yang dilalui badai tersebut, termasuk manusia, bisa berada dalam bahaya.

Anthony Chipriano, ahli meteorologi di Maxar, mengatakan hal ini kemungkinan akan menyebabkan angin topan berlanjut lebih jauh ke utara menuju Georgia, yang akan meningkatkan pemadaman listrik. Pada pukul 07.15 waktu setempat, sekitar 107.056 pelanggan mengalami pemadaman listrik.

Menurut Pusat Topan Nasional, sebagian Florida Georgia tenggara dan Carolina timur, diperkirakan akan mengalami curah hujan hingga 8 inci sampai Kamis dengan kemungkinan mencapai 1 kaki di sejumlah daerah terpencil. Banjir bandang, banjir perkotaan dan sungai kemungkinan besar terjadi "dengan dampak yang besar."

Menurut kantor Layanan Cuaca Nasional di Tampa Bay via media sosial X, pengawasan tornado juga telah dikeluarkan untuk sebagian Florida dan Georgia hingga pukul 15.00 waktu setempat pada Rabu.

"Jika berada di dalam ruangan, berjongkoklah sampai topan melewati Anda," kata Gubernur Florida Ron DeSantis pada konferensi pers Rabu pagi. "Anda tidak ingin macam-macam dengan angin ini. Akan ada banyak hal yang berterbangan ke segala arah."

DeSantis memeprluas peringatan darurat yang mencakup 49 kabupaten, dengan perintah evakuasi wajib untuk beberapa wilayah di Gulf Coast. Presiden Joe Biden menyetujui peringatan darurat federal untuk Florida, memungkinkan Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Badan Manajemen Bencana Federal untuk mengkoordinasikan upaya bantuan. Gubernur Georgia Brian Kemp juga mengumumkan keadaan darurat pada hari Selasa.

Idalia diperkirakan akan tetap berada di Gulf Coast bagian timur, melewatkan sebagian besar platform minyak dan gas alam. Namun, Chevron Corp. mengatakan via email bahwa perusahaan sedang mengangkut personel non-esensial dari platform Blind Faith dan Petronius di Gulf Coast. Martin Midstream berencana untuk sementara menghentikan operasi di terminal minyaknya di Tampa.

Sementara itu, Presiden World Weather Inc., Drew Lerner, mengatakan sebagian besar daerah penanaman jeruk utama di tengah Florida kemungkinan tidak akan terkena dampak serius. Florida diketahui adalah pemasok jus jeruk teratas di Amerika Serikat.

Meskipun sejumlah tanaman kapas bisa rusak, juga buah-buahan dan sayuran, menurut Don Keeney, ahli meteorologi yang juga bekerja di Maxar, komoditas utama jagung dan kedelai seharusnya baik-baik saja.

--Dengan asistensi dari John Milton, Áine Quinn, Dan Murtaugh, Jim Wyss, Sheela Tobben, Chunzi Xu, Anna Jean Kaiser dan Kevin Crowley.

(bbn)

No more pages