Logo Bloomberg Technoz

IDAI Ungkap Dampak Buruk Screen Time Pada Anak

Krizia Putri Kinanti
30 August 2023 18:20

Ilustrasi anak-anak/Sumber: Bloomberg
Ilustrasi anak-anak/Sumber: Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - dr Ahmad Suryawan Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Tumbuh Kembang Pediatrik Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa screen time pada anak berpengaruh pada perkembangan anak.

Pola pengasuhan anak zaman sekarang sangat dipengaruhi oleh modernitas teknologi yaitu screen time. Menurut World Health Organization (WHO), screen time adalah lamanya waktu yang digunakan anak untuk menonton berbagai media elektronik atau digital yang berbasis layar.

Manfaatnya adalah variasi suasana lingkungan tradisional dan teknologi tinggi dan kemudahan dan kecepatan dalam menyerap informasi dari lingkungan. Namun juga ada potensi negative terhadap perkembangan otak anak di masa periode kritis.

“Batas 2 tahun otak anak begitu pesatnya, di umur dua tahun , anak dibawah 2 tahun belum memiliki kemampuan belajar dari kegiatan screen time dibandingkan mereka berinteraksi langsung dengan pengasuh,” ujarnya dalam Seminar Media Ikatan Dokter Anak Indonesia, Rabu (30/8/2023).

Ia menambahkan bahwa anak berusia 24 bulan mempunyai kemampuan belajar dari live video chatting secara interaktif oleh orang tua. Untuk orang tua diharapkan mengutamakan interaksi sosial secara langsung.